Dikira Murah, Lukisan Ini Ternyata Bernilai Lebih dari Rp 8 Miliar

Dikira Murah, Lukisan Ini Ternyata Bernilai Lebih dari Rp 8 Miliar

  • 2018-04-21 07:41:25
  • 457

Terungkapnya identitas lukisan tersebut terjadi secara kebetulan ketika Pendeta Jamie membawanya untuk diliput di acara Antiques Roadshow.


Sebuah lukisan yang dibeli seharga £400 (sekitar Rp8 juta) dan diliput di acara Antiques Roadshow BBC ternyata karya maestro Inggris Sir Anthony Van Dyck. Nilainya, lebih dari Rp8 miliar.


Pendeta Jamie MacLeod yang mengelola sebuah rumah jompo di Derbyshire, pertama kali membawa karya seni itu ke gereja Newstead Abbey, di Nottinghamshire, Inggris, pada 2012.


Ia mengatakan kini berencana menjual karya seniman Flemish (keturunan Belgia-Belanda) itu untuk membeli lonceng gereja yang baru. Pembawa acara BBC Fiona Bruce mengatakan ia sangat "bahagia" dengan kabar itu.


Terungkapnya identitas lukisan tersebut terjadi secara kebetulan ketika Pendeta Jamie membawa lukisannya untuk diliput di acara Antiques Roadshow di Cirencester, Gloucestershire, Juni tahun ini.


Potret Van Dyck itu diidentifikasi oleh Bruce, yang membuat acara tentang sang seniman dengan pakar Philip Mould. Mould melihat lukisan itu dan berpendapat lukisan itu asli. Sesudah direstorasi, lukisan itu diverifikasi oleh Dr. Christopher Brown, salah satu pemegang otoritas dunia atas karya-karya Van Dyck.


Van Dyck adalah pelukis utama istana di era Raja Charles I dan dianggap sebagai salah satu maestro seni abad ke-17. Potret yang dibeli oleh Pendeta Jamie di sebuah toko barang antik di Cheshire itu adalah lukisan paling berharga yang pernah ditemukan di acara Antiques Roadshow.


 


(Sumber: bbc.co.uk/indonesia)

SHARE:

Comments

Recent Posts

Fokuslah pada

Fokuslah pada 'bagaimana' Anda bekerja, bukan 'kenapa'

Ada beberapa cara praktis yang bisa diterapkan agar Anda bisa merasa lebih puas, dan tidak terlalu gelisah, dalam pekerjaan. Kenapa pekerjaan modern begitu tidak memuaskan?

Memahami Kepahlawanan Kartini Melalui Surat-suratnya

Memahami Kepahlawanan Kartini Melalui Surat-suratnya

Gagasan dan pemikiran yang terekam dengan baik dalam surat-suratnya membuat sejarah mengenang Kartini sebagai sosok luar biasa.
 "Orang boleh pandai setinggi langit," tulis Pramoedya

Mengapa banyak orang percaya dengan teori konspirasi?

Mengapa banyak orang percaya dengan teori konspirasi?

Apakah George W Bush berkomplot menjatuhkan gedung Twin Towers di New York dan membunuh ribuan orang pada 2001? Jawabannya: tidak.Apakah

MENANAMKAN BUDAYA MEMBACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

MENANAMKAN BUDAYA MEMBACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Pemerintah republik Indonesia melalui peraturan menteri pendidikan telah berusaha untuk meningkatkan budaya membaca bagi siswa-siswi di semua jenjang sekolah dari dasar hingga menengah atas. Peraturan

Pemenang Kuis "CERITA DARI BLORA"

Pemenang Kuis "CERITA DARI BLORA"

Berikut adalah pemenang kuis "CERITA DARI BLORA" dan berhak mendapatkan buku CERITA DARI BLORA karya Pramoedya Ananta Toer.1. rendy

Blora

Blora

Saudara! Apakah kamu tahu apa yang dirindukan setiap tahanan? Kamu harus tahu! Keluar, mendapatkan kebebasan kembali, hidup di antara teman-teman, kerabat, dan sesama manusia.

Banyak Dicari Turis, Jepang Akui Defisit Ninja

Banyak Dicari Turis, Jepang Akui Defisit Ninja

Ninja yang kerap diasosiasikan sebagai pasukan rahasia Negeri Sakura, kini keberadaannya semakin langka. Ahli bela diri Jepang menyebut talenta dan praktisi ilmu kuno ’ninjutsu’

Makna Warna dari Beberapa Negara di Dunia

Makna Warna dari Beberapa Negara di Dunia

Setiap warna memiliki makna yang beragam di seluruh dunia. Tergantung bagaimana budaya dari negara itu sendiri.
Warna memainkan peran penting dalam kehidupan kita. Mereka dapat mengingatkan