Penipuan dan Berita Palsu di Media Sosial

Penipuan dan Berita Palsu di Media Sosial

  • 2017-04-13 09:36:13
  • 815

Karena kasus penipuan dan berita palsu sudah terlalu akut, akhirnya pelaku media sosial mengeluarkan himbauan tentang penipuan dan berita palsu.
Penipuan dan berita palsu yang beredar sebenarnya kesalahan dari pengguna media sosial itu sendiri (Pola Pikir Yang Belum Bisa Mengikuti Arus Media Sosial). kesalahan yang tidak bisa di handle/tangani oleh sistem sehingga pelaku media sosial hanya bisa menghimbau.
walaupun himbauan ini datang dari BBM dan Facebook, tapi secara garisbesar himbauan tersebut juga bisa digunakan untuk menangkal penipuan dan berita palasu di media sosial atau di situs berita online lainnya.

FACEBOOK :
Kiat untuk Mengenali Berita Palsu

Kami ingin menghentikan penyebaran berita palsu di Facebook. Pelajari selengkapnya tentang yang kami lakukan. Sembari kami berusaha membatasi penyebarannya, berikut adalah beberapa kiat mengenai yang harus Anda waspadai:


Jangan langsung percaya dengan judul.Kabar berita palsu sering kali memiliki judul yang menarik yang ditulis dalam huruf besar dan dengan tanda seru. Jika klaim mengejutkan dalam judul kelihatannya tidak dapat dipercaya, maka kemungkinannya memang begitu.


Perhatikan URL berita.
URL palsu atau yang dibuat mirip aslinya dapat menjadi tanda peringatan berita palsu. Banyak situs berita palsu menyerupai sumber berita autentik dengan sedikit mengubah URL. Anda dapat membuka situs tersebut untuk membandingkan URLnya dengan sumber tepercaya.
   
Selidiki sumbernya.
Pastikan cerita tersebut ditulis oleh sumber yang Anda percayai memiliki reputasi keakuratan yang baik. Jika cerita tersebut berasal dari organisasi yang tidak dikenal, periksalah bagian "Tentang" mereka untuk mempelajari selengkapnya.


Amati bila ada pemformatan yang tidak wajar.
Banyak situs berita palsu memiliki kesalahan eja atau penataan letak yang janggal. Bacalah dengan saksama untuk melihat tanda-tanda ini.


Pertimbangkan fotonya.
Kabar berita palsu sering berisi gambar atau video yang dimanipulasi. Terkadang foto tersebut memang autentik, tetapi konteksnya melenceng. Anda dapat menelusuri foto atau gambar tersebut untuk mencari tahu asalnya.
   
Periksa tanggalnya.
Kabar berita palsu mungkin berisi kronologi yang tidak masuk akal, atau tanggal peristiwa yang sudah diubah.
   
Periksa buktinya.
Periksalah sumber pengarang untuk mengonfirmasi keakuratannya. Kurangnya bukti atau ketergantungan terhadap ahli-ahli yang tidak disebutkan namanya dapat mengindikasikan kabar berita palsu.
   
Lihat laporan lainnya.
Jika tidak ada sumber berita lainnya yang melaporkan cerita yang sama, hal tersebut dapat mengindikasikan bahwa cerita tersebut palsu. Jika cerita tersebut dilaporkan oleh beberapa sumber yang Anda percayai, maka kemungkinan cerita tersebut benar.
   
Apakah cerita tersebut hanya gurauan?
Terkadang kabar berita palsu sulit dibedakan dengan humor atau sindiran. Periksa apakah sumbernya memang terkenal menampilkan parodi, dan apakah perincian cerita dan nadanya memberikan kesan berita tersebut hanya sekadar gurauan.
   
Beberapa cerita memang sengaja dibuat salah.
Berpikirlah secara kritis tentang cerita yang Anda baca, dan hanya bagikan berita yang Anda ketahui dapat dipercaya.



BBM :
Waspada terhadap penipu

Anda bisa saja menjadi target dari penipuan, apabila pernah mengalami kasus seperti berikut ini:



  • Pengirim meminta Anda untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi

  • Pengirim membuat permintaan yang tidak biasa atau tidak terduga

  • Pengirim mengaku punya hubungan kerjasama dengan BBM

  • Profil pengirim terlihat tidak biasa atau mencurigakan

  • Isi pesan mengundang kamu untuk mengunduh video gratis, gambar, atau klik pada link

  • Isi pesan mengklaim bahwa Anda telah memenangkan hadiah dari BBM atau pengguna lain

  • Isi pesan menunjukkan bahwa Anda akan mendapatkan konsekuensi yang berat apabila tidak segera menanggapi permintaan mereka dengan segera


Apa yang harus dilakukan saat Anda menerima pesan-pesan tersebut?

Kami meganjurkan Anda agar memblokir pengirimnya, dan laporkan pesan tersebut sebagai spam melalui menu BBM Anda atau melalui BBM.com. Diharapkan untuk tidak membalas dan/atau meneruskan pesan-pesan tersebut ke pengguna yang lain.

Selamat mengobrol,
- Tim BBM

SHARE:

Comments

Recent Posts

MENANAMKAN BUDAYA MEMBACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

MENANAMKAN BUDAYA MEMBACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Pemerintah republik Indonesia melalui peraturan menteri pendidikan telah berusaha untuk meningkatkan budaya membaca bagi siswa-siswi di semua jenjang sekolah dari dasar hingga menengah atas. Peraturan

Kuis "CERITA DARI BLORA"

Kuis "CERITA DARI BLORA"

Tuliskan cerita anda tentang Blora dan dapatkan kesempatan untuk mendapatkan buku CERITA DARI BLORA karya Pramoedya Ananta Toer. Buku yang menceritakan tentang Blora pada

Rambut Sambungan Telah Digunakan Sejak 3000 Tahun

Rambut Sambungan Telah Digunakan Sejak 3000 Tahun

Sebuah tengkorak perempuan yang hidup pada 3.300 tahun yang lalu ditemukan terdapat 70 rambut sambungan di kepalanya.
Rambut tambahan tampak seperti tren mode rambut termutakhir. Tapi ternyata

Aku Menangis Untuk Adikku

Aku Menangis Untuk Adikku

Aku dilahirkan di sebuah dusun pegunungan yang sangat terpencil. Hari demihari, orang tuaku membajak tanah kering kuning, dan punggung merekamenghadap ke langit.Aku mempunyai

Dikira Murah, Lukisan Ini Ternyata Bernilai Lebih dari Rp 8 Miliar

Dikira Murah, Lukisan Ini Ternyata Bernilai Lebih dari Rp 8 Miliar

Terungkapnya identitas lukisan tersebut terjadi secara kebetulan ketika Pendeta Jamie membawanya untuk diliput di acara Antiques Roadshow.
Sebuah lukisan yang dibeli seharga £400 (sekitar

Mengapa banyak orang percaya dengan teori konspirasi?

Mengapa banyak orang percaya dengan teori konspirasi?

Apakah George W Bush berkomplot menjatuhkan gedung Twin Towers di New York dan membunuh ribuan orang pada 2001? Jawabannya: tidak.Apakah

Memahami Kepahlawanan Kartini Melalui Surat-suratnya

Memahami Kepahlawanan Kartini Melalui Surat-suratnya

Gagasan dan pemikiran yang terekam dengan baik dalam surat-suratnya membuat sejarah mengenang Kartini sebagai sosok luar biasa.
 "Orang boleh pandai setinggi langit," tulis Pramoedya

98 Informasi Pribadi yang Diketahui Facebook

98 Informasi Pribadi yang Diketahui Facebook

Facebook mengoleksi berbagai informasi soal kehidupan personal Anda. Hal ini menyusul semakin tingginya tuntutan pengiklan untuk menyasar target pasar via jejaring sosial tersebut.