Rambut Sambungan Telah Digunakan Sejak 3000 Tahun

Rambut Sambungan Telah Digunakan Sejak 3000 Tahun

  • 2018-04-21 07:36:35
  • 603

Sebuah tengkorak perempuan yang hidup pada 3.300 tahun yang lalu ditemukan terdapat 70 rambut sambungan di kepalanya.


Rambut tambahan tampak seperti tren mode rambut termutakhir. Tapi ternyata tidak juga. Sebab rambut sambungan sudah ada di Mesir sejak 3.000 tahun lalu, tepatnya 3.300 ribu tahun yang lalu. Sebuah penemuan terbaru membuktikan fakta tersebut.


Sebuah tengkorak perempuan yang hidup pada 3.300 tahun yang lalu ditemukan terdapat 70 rambut sambungan di kepalanya. Hipotesis beberapa arkeolog menyebut, rambut itu dipasang setelah perempuan itu meninggal. Dipasang sesaat sebelum dimakamkan.


“Ada indikasi, rambut-rambut tambahan ini sudah dipakai masyarakat kota kuno Tell el-Amarna dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Jolanda Bos, arkeolog yang bekerja di Proyek Amarna kepada LiveScience. Untuk diketahui, Jolando Bos merupakan salah satu peneliti yang intens menggali kota yang menjadi ibukota pemerintahan Firaun Akhenaten itu.


Sedikit berbicara soal Tell el-Amarna, kota ini ditinggalkan setelah kematian Firaun Akhetanen pada 1332 SM. Karena repotasi Firaun Akhetanen yang dianggap “raja sesat”, raja penguasa selanjutnya mencoba menghapus kota ini dari catatan sejarah.


Tapi hari ini Amarna menjadi harta karun bagi para peneliti yang penasaran dengan kehidupan masyarakat Mesir yang singkat di kota itu. Salah satu penemuan paling terbaru adalah rambut sambungan yang sudah ada di Mesir 3.000 tahun yang lalu.


Sebagai informasi, tengkorak dengan rambut tambahan merupakan satu dari 28 tengkorak yang ditemukan lengkap dengan rambut. Ada beberapa jenis rambut tambahan, termasuk jenis kepang tiga dengan motif kumparan di sekitar telinga.


 


Sumber : Natgeo Geographic

SHARE:

Comments

Recent Posts

Kuis "CERITA DARI BLORA"

Kuis "CERITA DARI BLORA"

Tuliskan cerita anda tentang Blora dan dapatkan kesempatan untuk mendapatkan buku CERITA DARI BLORA karya Pramoedya Ananta Toer. Buku yang menceritakan tentang Blora pada

The 48 Laws of Power

The 48 Laws of Power

The 48 Laws of Power (48 Hukum Kekuasaan) by Robert Greene and Joost Elffers 1. Never Outshine the Master (Jangan pernah terlihat lebih baik dari atasan anda)

Fokuslah pada

Fokuslah pada 'bagaimana' Anda bekerja, bukan 'kenapa'

Ada beberapa cara praktis yang bisa diterapkan agar Anda bisa merasa lebih puas, dan tidak terlalu gelisah, dalam pekerjaan. Kenapa pekerjaan modern begitu tidak memuaskan?

Mengapa banyak orang percaya dengan teori konspirasi?

Mengapa banyak orang percaya dengan teori konspirasi?

Apakah George W Bush berkomplot menjatuhkan gedung Twin Towers di New York dan membunuh ribuan orang pada 2001? Jawabannya: tidak.Apakah

Mengenal Pramudya Ananta Toer lebih dekat lewat catatan dan surat-surat

Mengenal Pramudya Ananta Toer lebih dekat lewat catatan dan surat-surat

Sastrawan kawakan Pramudya Ananta Toer, yang karyanya selama ini menjadi inspirasi orang dalam memaknai sejarah perjuangan di tengah penindasan, ternyata memiliki

Dikira Murah, Lukisan Ini Ternyata Bernilai Lebih dari Rp 8 Miliar

Dikira Murah, Lukisan Ini Ternyata Bernilai Lebih dari Rp 8 Miliar

Terungkapnya identitas lukisan tersebut terjadi secara kebetulan ketika Pendeta Jamie membawanya untuk diliput di acara Antiques Roadshow.
Sebuah lukisan yang dibeli seharga £400 (sekitar

Anak SMP di bawah umur

Anak SMP di bawah umur 'ngotot' menikah: Apakah menikah muda cara menghindari zina?

Sepasang anak SMP yang ingin menikah menjadi bahan perbincangan, apalagi dengan gerakan menikah muda yang semakin ramai.
Dua anak SMP di Bantaeng,

Pengakuan mantan agen CIA yang menginterogasi Saddam Hussein

Pengakuan mantan agen CIA yang menginterogasi Saddam Hussein

Ketika mantan Presiden Irak, Saddam Hussein, ditangkap pada Desember 2003, badan intelijen Amerika Serikat (CIA) memerlukan seorang ahli yang dapat mengenali