Inovasi Teknologi: Lensa Kontak yang Mampu Memancarkan Laser

Inovasi Teknologi: Lensa Kontak yang Mampu Memancarkan Laser

  • 2018-05-10 20:33:02
  • 631

Apa jadinya jika mata manusia bisa memancarkan laser? Inilah yang sedang dikembangkan oleh para ilmuwan.

Mereka menciptakan sebuah film ultra tipis yang fleksibel dan dapat memancarkan sinar laser. Para ilmuwan juga telah berhasil mengujinya pada lensa kontak.

Ini memungkinkan kita membuat laser mata.

Namun, jangan membayangkan laser mata ini seperti milik Superman yang bisa menyebabkan kerusakan. Sebaliknya, teknologi ini berpotensi digunakan untuk label keamanan atau membaca barcode.

Untuk membuat laser mata ini, para peneliti menggunakan membran yang mengandung material yang tebalnya kurang dari seperseribu milimeter dan fleksibel.

Bahan ini memungkinkan mereka mudah menempel atau dimasukkan lensa kontak. Membran ini kemudian ditempatkan pada permukaan lain.

Ketika diterangi oleh laser lain, membran ini akan memancarkan sinar lasernya sendiri dengan panjang gelombang 420 hingga 700 nm. Sinar laser ini bertenaga sangat rendah, hanya berskala nanowatt saja.

Dengan kata lain, ini berkekuatan sepersejuta watt dan tidak cukup kuat untuk menyalakan lampu kecil. Meski begitu, laser ini cukup untuk menjadi pemindai untuk keamanan.

"Akan sangat sulit bagi orang untuk membuat laser yang memiliki panjang gelombang yang sama," ungkap Malte Gather, fisikawan dari University of St Andrews, Inggris dikutip dari kompas.com.

"Sifat-sifat fisik, dikombinasikan dengan ambang lasing rendah dan kemampuan untuk menghasilkan spektrum output yang unik, memungkinkan penerapan membar laser sebagai label keamanan yang diterapkan untuk berbagai substrat termasuk uang kertas, lensa kontak, dan kuku," tulis para peneliti dalam laporannya di jurnal Nature Communications.

Untuk menguji temuannya, para peneliti menempatkan lensa kontak tersebut pada bola mata sapi yang telah dipotong. Cara ini populer di kalangan peneliti karena kesamaan bola mata tersebut dengan manusia.


 


Sumber : National Geographic Indonesia

SHARE:

Comments

Recent Posts

Merasakan Perbedaan Ketika Anda Menggunakan Penggiling Kopi

Merasakan Perbedaan Ketika Anda Menggunakan Penggiling Kopi

Kita semua menikmati secangkir kopi yang baik untuk membuat kita tetap segar dan waspada, tapi di dunia saat ini beku kering dan instants sulit untuk mendapatkan yang nyata

Kopi-Fakta

Kopi-Fakta

Secangkir kopi yang baik adalah seperti anggur yang baik dan kualitas yang baik cerutu. Ada berbagai jenis biji kopi dan ini yang menentukan rasa yang berbaur hadiah untuk

Top 5 Terbaik-Menjual Air Untuk Kopi / Teh

Top 5 Terbaik-Menjual Air Untuk Kopi / Teh

Kopi adalah nomor satu sarapan minum di seluruh dunia. Ada beberapa tempat yang tidak berfungsi pokok ini dan itu adalah hal yang sangat baik untuk sedikitnya. Begitu banyak

Pers Perancis - Membuat Kopi Besar

Pers Perancis - Membuat Kopi Besar

Jika anda ingin secangkir kopi, anda akan perlu untuk menambahkan beberapa minyak. Minyak kopi ini sangat harum dan meningkatkan rasa kopi, tapi itu hilang selama normal disaring

Sederhana Gourmet Coffee

Sederhana Gourmet Coffee

Ada sejumlah negara yang menghasilkan kopi dan daerah-daerah baru yang mengkonversi tanaman mereka untuk mighty bean sebagai permintaan kami untuk mencicipi kopi meningkat.

Indahnya "TAMAN BLORA" di Malam Hari

Indahnya "TAMAN BLORA" di Malam Hari

Di Blora saat ini sudah banyak taman yang mempercantik Blora di malam hari. "Taman" disini bukan hamparan rumput dan bunga yang luas, tapi hanya taman kecil yang dihias sedemikian

Percolators - Beberapa Masalah Dasar Dengan Cerek Penapis Cofee

Percolators - Beberapa Masalah Dasar Dengan Cerek Penapis Cofee

Kata "cerek" telah datang untuk maksud yang khusus kopi pot yang digunakan untuk duduk di Nenek kompor dan gelembung. seperti gila sepanjang pagi lama. Biasanya mereka terdiri